Begini Lho Cara Kerja dan Proses Pengecatan Aplikator Epoxy Lantai

//Begini Lho Cara Kerja dan Proses Pengecatan Aplikator Epoxy Lantai

Begini Lho Cara Kerja dan Proses Pengecatan Aplikator Epoxy Lantai

Ada banyak jasa aplikator epoxy lantai yang bisa Anda temui di media internet, dari jasa epoxy lantai di Jakarta, Tangerang, Surabaya, Bandung, Cilegon, Banten, dan bahkan seluruh Indonesia beragam aplikator epoxy lantai bisa Anda temukan dengan mudah. Anda bisa langsung memilih dan memilah kontraktor epoxy lantai yang cocok dengan Anda; dari budget, lokasi, sampai dengan hasil pekerjaannya.

Hanya saja, persepsi masyarakat saat ini terkadang masih menghubungkan jika aplikator epoxy lantai merupakan penjual atau distributor cat lantai epoxy. Ya, walau tak banyak berargumen seperti itu namun setidaknya dapat digeser persepsi yang demikian bahwa seorang aplikator epoxy lantai merupakan layanan jasa yang mengerjakan project pengecatan lantai menggunakan cat epoxy, bukan penjual cat epoxy untuk lantai.

Bisa jadi, dalam satu paket yang ditawarkan jasa aplikator epoxy lantai sudah include dengan hasil cat produknya sendiri meski banyak juga yang membeli atau memasok bahkan distributor cat epoxy dari brand-brand ternama, misalnya saja: Cat Epoxy Lantai Propan, Cat Epoxy Lantai Resin, sampai dengan Cat Epoxy Lantai SIKA yang memiliki harga cukup tinggi jika dibandingkan dari kedua brand cat yang disebutkan sebelumnya.

Ok, kami tidak membahas masalah cat epoxy lantai yang bisa Anda beli langsung dari website resmi mereka atau distributor masing-masing brand. Namun, kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara kerja aplikator epoxy lantai saat mengerjakan project pengecatan lantai dari Anda.

Baca Juga:
Penerapan Ketebalan Cat Pada Aplikasi Epoxy Lantai

#1 Proses Grinding
Ini adalah proses awal saat lantai akan dicat dengan epoxy. Secara sederhana, proses ini menghaluskan permukaan lantai yang kasar sehingga memudahkan saat aplikator mengerjakan proses yang kedua. Pada proses ini maka kotoran, kerikil, sampai dengan kerak lantai yang terkelupas dibersihkan secara keseluruhan.

Proses ini menggunakan sebuah alat atau mesin yang dapat mengatur kerataan struktur lantai dan waktu pengerjaannya pun tidak terlalu lama, tergantung dari luas area lantai yang diinginkan. Setelah proses ini selesai maka lantai akan siap dieksekusi ke proses selanjutnya.

Cara kerja aplikator epoxy lantai saat melakukan pengecatan

Begini Lho Cara Kerja dan Proses Pengecatan Aplikator Epoxy Lantai (Credit Image: garagesolutionsamarillo.com)

#2 Body Coating
Setelah proses grinding selesai dikerjakan maka sebaiknya lantai memang harus benar-benar steril, tidak ada aktifitas di atas lantai, tidak basah maupun lembab sebab akan memudahkan pekerjaan selanjutnya yang disebut body coating.

Proses ini merupakan proses primer dalam pekerjaan epoxy lantai, dimana ketelitian ketebalan yang diharuskan dalam project pengecatan sampai dengan pewarnaan lantai, benar-benar diperhatikan. Karena diproses body coating ini lah pengecatan epoxy lantai sebenarnya.

Sebelum proses body coating, sebaiknya Anda harus menentukan warna cat yang diinginkan. Perlu diketahui, jika banyak beragam warna cat epoxy lantai yang bisa Anda pilih, seperti biru, hijau, merah, dan lain sebagainya. Apalagi saat ini sudah banyak pengecatan epoxy lantai 3D jika Anda menginginkannya dan tentunya harga yang ditawarkan pun cukup mahal bila dibandingkan dengan cat epoxy lantai biasa.

Setelah proses ini selesai maka aplikator epoxy lantai harus menunggu cat benar-benar kering untuk dilakukan proses selanjutnya dan biasanya memakan waktu berjam-jam dan bahkan berhari-hari, tergantung dari cuaca dan kondisi ruangan area.

#3 Finishing
Proses ini merupakan proses terakhir dari pengecatan epoxy lantai. Setelah proses body coating selesai dan lantai benar-benar sudah kering maka dilakukan penghalusan struktur lantai sehingga menampilkan lantai yang sudah selesai dikerjakan.

Hasil akhir ini akan memberikan efek yang indah terhadap lantai Anda, menimbulkan kesan glossy atau mengkilap, bersih, terlihat licin namun kasat. Dan tentunya Anda akan merasa puas dengan hasil kerja dari aplikator epoxy lantai terhadap project pengecatannya. Saat proses ini selesai sebaiknya tidak ada aktifitas di atas lantai untuk beberapa hari. Dengan begitu, hasil yang didapat akan benar-benar maksimal.

Di atas adalah 3 (tiga) tahapan umum yang dilakukan oleh aplikator epoxy lantai saat mengerjakan project pengecatan epoxy dari Anda. Lamanya pengerjaan tergantung dari luas area, ketebalan yang diinginkan, sampai dengan kondisi ruangan pada saat itu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari maka penyedia jasa epoxy lantai biasanya memberikan garansi pekerjaannya kepada Anda dan tentunya memberikan arahan atau tips agar lantai yang sudah dilakukan pengecatan epoxy tetap terjaga dan tahan lama.

By |2017-07-04T01:13:10+00:00Juli 4th, 2017|Categories: Artikel|0 Comments

About the Author:

Karya Epoxy Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa epoxy lantai dengan spesifikasi pengerjaan cat epoxy lantai, waterproofing, floor hardener, injeksi beton, dan jasa epoxy lantai 3D. Kami memberikan layanan gratis konsultasi dan survey. Hubungi layanan aplikator dan kontraktor epoxy lantai bergaransi di 0878 898 99001 / 0857 7917 8106 (WA Only).

Leave A Comment